PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

 


Sebagaimana yang selama ini kita ketahui bahwa perangkat komputer memiliki jaringan untuk mendukung kinerja dalam pengoperasian sebuah perangkat. Di artikel ini saya akan menjelaskan sebuah perangkat jaringan komputer bisa beroperasi dan bagaimana fungsi perangkat jaringan pendukung seperti bridge, repeater, dan Network Interface Card (NIC) bekerja.

Sebuah perangkat tidak bisa beroperasi dengan maksimal bahkan tidak dapat dijalankan jika tidak adanya jaringan yang terhubung antar komponen yang dimaksud, untuk itu di artikel ini  akan mencoba menjelaskan pengertian perangkat jaringan yang terdapat pada sebuah komputer.

Sebelum itu kita harus tau terlebih dahulu,

Apa itu Perangkat Jaringan Komputer?

Perangkat jaringan komputer adalah alat pendukung untuk menjalankan tranformasi data sehingga perangkat bersangkutan dapat beroperasi atau saling berhubungan satu sama lain. Biasanya komputer yang digunakan memerlukan beberapa alat sebagai pengirim data, misalnya router, wireless, wireless card, lan card dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagaimana dengan fungsi perangkat keras jaringan bahwa alat-alat seperti router itu akan bekerja sesuai dengan kegunaan masing-masing, ia akan mengirimkan data ke perangkat lain sehingga jaringan bisa terhubung.

Contoh Perangkat Jaringan Komputer

Berikut ini ada beberapa perangkat jaringan komputer yang sering kita temui dan menggunakannya yang dikembangkan dalam berbagai macam perangkat jaringan computer untuk membantu dan mengoptimalkan system kinerja jaringannya. Biasanya untuk harga pendukung

perangkat komputer tersebut juga tidaklah terlalu mahal, namun demikian harga juga ditentukan dengan kualitas barangnya.

1. Repeater

Contoh perangkat jaringan komputer yang pertama kita bahas adalah repeater . Repeater merupakan perangkat jaringan untuk memperkuat sinyal. Perangkat repeater dapat memperkuat sinyal pada jarak jauh. Fungsi repeater adalah : 


1.      Memperluas Jangkauan Sinyal Server

2.      Mempermudah Mengakses Sinyal WiFi

3.      Meminimalisir Penggunaan Kabel Jaringan

 

Penggunaan repeater meminimalisir adanya kabel jaringan yang cukup banyak. Itu karena repeater memperkuat sinyal sehingga tidak memerlukan kabel untuk mengakses paket data. Pada intinya, fungsi repeater itu memperkuat sinyal data sehingga lebih mudah diakses.

2.  Bridge

Perangkat Bridge ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga bisa dipergunakan pada perangkat lain. Dalam kinerja Bridge ini ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan, baru kemudian bridge membuat tabel otomatis. Kelebihan perangkat bridge ini ialah ia bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau disaring.



3. Apa Itu Network Interface Card (NIC)?

Network Interface Card (NIC) merupakan komponen yang penting untuk digunakan dalam penyediaan jaringan pada komputer atau server. NIC juga dikenal sebagai Network Interface Controller yang berupa circuit board atau chip dan biasanya dipasang di komputer untuk bisa terhubung ke jaringan.

NIC bekerja sebagai interface di lapisan TCP/IP. NIC dapat megirimkan sinyal pada lapisan fisik dan mengirimkan sinyal paket data pada lapisan jaringan. NIC bertindak sebagai perantara komputer atau server dengan jaringan. Ketika pengguna meminta halaman web, LAN card mendapatkan data dari perangkat pengguna lalu mengirimkannya ke server di internet. Setelah menerima data yang diperlukan untuk ditampilan kepada pengguna.


Bagaimana Cara Kerja Network Interface Card (NIC)?




Posting Komentar

0 Komentar