JARINGAN KOMPUTER : Pengertian, Jenia-jenis serta Topologinya

Apa  itu  JARINGAN KOMPUTER ?

Mungkin kamu udah gak asing lagi kan dengan istilah LAN atau WAN. Tapi , kamu tahu gak sih kalau istilah tersebut termasuk ke dalam jenis jaringan komputer? Perlu kamu ketahui, jaringan komputer adalah jaringan yang memungkinkan komputer untuk saling menukar data. Selain LAN atau WAN, jenis jaringan komputer juga terdiri dari, PAN, MAN, hingga VPN. Di artikel kali ini, saya akan memberikan materi lengkap tentang jenis-jenis jaringan komputer, pengertian, fungsi hingga topologinya.

Simak penjelasannya yaa

Pengertian jaringan computer

Jaringan pc merupakan 2 ataupun lebih pc yang tersambung satu sama lain serta digunakan buat berbagi informasi. Suatu jaringan dibentuk dengan perpaduan konfigurasi hardware serta aplikasi buat menghasilkan suatu sistem yang bisa bekerja dengan baik. Untuk membuat suatu jaringan, switch serta router memakai bermacam protokol serta algoritma buat bertukar data serta buat bawa informasi ke titik akhir yang diinginkan.

Tiap titik akhir( kadangkala disebut host) dalam jaringan mempunyai pengenal unik, kerap kali dinamakan alamat IP ataupun alamat Media Access Control yang digunakan untuk menampilkan sumber ataupun tujuan transmisi. Endpoint bisa mencakup server, pc individu, telepon, serta bermacam tipe hardware jaringan. Suatu jaringan fitur pula bisa jadi terbuat dengan memakai gabungan teknologi kabel serta wireless.

Untuk jaringan yang memakai kabel, kalian bisa menggunakan optical fiber, coaxial cable, ataupun kabel tembaga. Sedangkan, jalan jaringan wireless tercantum dalam jenis jaringan yang memakai koneksi informasi nirkabel buat menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini tercantum radio siaran, radio seluler, microwave, serta satelit. Jaringan bisa diatur jadi private ataupun publik. Jaringan private umumnya membutuhkan user buat memasukkan kredensial buat mengakses jaringan. Umumnya, ini diberikan secara manual oleh administrator jaringan ataupun diperoleh langsung oleh pengguna lewat kata sandi ataupun dengan kredensial yang lain. Jaringan publik semacam internet tidak menghalangi akses.

Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Diatas kita sudah mengetahui apa itu jaringan komputer, kalian pula hendaknya menguasai tentang jenis - jenisnya. Berikut ini merupakan sebagian tipe jaringan pc yang sangat banyak ditemui amati.

LAN( Local Zona Network)



            LAN menghubungkan fitur jaringan dalam jarak yang relatif pendek. contohnya Suatu gedung kantor, sekolah, ataupun rumah jaringan umumnya berisi satu LAN, walaupun kadang- kadang satu gedung hendak berisi sebagian LAN kecil( bisa jadi satu per kamar), serta kadang- kadang LAN hendak menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP/ IP, LAN kerap namun tidak senantiasa diimplementasikan selaku subnet IP tunggal.

            Tidak hanya beroperasi dalam ruang terbatas, tipe jaringan koomputer ini pula umumnya dipunyai, dikendalikan, serta dikelola oleh satu orang ataupun organisasi. Mereka pula cenderung memakai teknologi konektivitas tertentu, paling utama Ethernet serta Token Ring.

            Terdapat pula LAN yang memakai teknologi jaringan wireless dengan Wi- Fi serta diketahui dengan nama Wireless Local Zona Network( WLAN).

WAN( Wide Zona Network)

            WAN pula dapat dibilang selaku kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Fitur jaringan yang diucap router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router menaruh alamat LAN serta alamat WAN.

            WAN berbeda dari LAN dalam sebagian perihal berarti. Sebagian besar WAN( semacam Internet) tidak dipunyai oleh satu organisasi, melainkan terdapat di dasar kepemilikan serta pengelolaan kolektif ataupun terdistribusi. WAN cenderung memakai teknologi semacam ATM, Frame Relay serta X. 25 buat konektivitas jarak yang lebih jauh.

PAN( Pearson Zona Network)

            Sama semacam jaringan LAN, tipe jaringan pc PAN umumnya mencakup daerah yang lebih kecil semacam misalnya jaringan rumah ataupun kantor. Umumnya tipe jaringan ini digunakan buat berbagi resources semacam internet ataupun printer.

MAN( Metropolitan Area Network)


            
            MAN dapat dibilang mirip dengan tipe jaringan pc MAN, namun terbatas pada universitas ataupun perguruan. Jaringan ini umumnya disiapkan buat aktivitas pembelajaran semacam pembaruan kelas, aplikasi lab, email, tes, pemberitahuan, serta lain lain.

Topologi Jaringan Komputer

Dalam jaringan pc, topologi mengacu pada tata letak fitur yang tersambung. Topologi jaringan pc bisa dibilang selaku wujud ataupun struktur virtual jaringan. Wujud ini tidak senantiasa cocok dengan tata letak raga sesungguhnya dari fitur di jaringan.

            Sebagai contoh, pc di jaringan rumah bisa diatur dalam bundaran di ruang keluarga, namun sangat tidak bisa jadi buat menciptakan topologi cincin di situ. Topologi jaringan dikategorikan ke dalam jenis sebagai berikut:

  • ·       Bis( bus)
  • ·       Ring( cincin)
  • ·       Star( bintang)
  • ·       Tree( tumbuhan)
  • ·       Mesh( jala)

 Jaringan yang lebih kompleks bisa dibangun sebagai hybrid dari 2 ataupun lebih dari topologi dasar di atas.

Fitur dalam Jaringan Komputer

            Terdapat sebagian fitur yang dibutuhkan buat membuat suatu jaringan pc. Berikut merupakan jenis- jenis fitur buat membuat jaringan pc:

  • ·       Server
  • ·       Kabel Jaringan
  • ·       Hub serta Switch
  • ·       Network Interface Card( NIC)
  • ·       Router
  • ·       Modem
  • ·       Repeater
  • ·       Wireless Card

Manfaat Jaringan Komputer

            Ada sebagian alibi kenapa jaringan pc banyak digunakan oleh bisnis berskala besar. Jaringan pc mempunyai bermacam manfaat yang bisa menguntungkan penggunanya. Berikut ini merupakan sebagian manfaat sangat berarti dari jaringan pc:

1. Berbagi sumber daya

2. Mempermudah komunikasi jarak jauh

3. Membolehkan akses informasi secara remote

4. Tingkatkan keamanan serta manajemen data

5. Memfasilitasi jalan baru buat konten hiburan

Baca Juga : https://unauthorizedaccesstocomputer.blogspot.com/2022/06/makalah-unauthorized-access-to-computer_29.html

 

Di artikel ini kami sudah membahas apa itu jaringan komputer, jenis-jenis, dan topologinya. Semoga artikel ini membantu kamu ya!

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar